MEA atau yang biasa disebut dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah bentuk kerjasama diantara negara-negara ASEAN dalam rangka meminimalisir atau menghilangkan hambatan-hambatan yang ada dalam sebuah perdagangan di antara negara-negara ASEAN.

Secara umum MEA sering diartikan pasar bebas di antara negara-negara ASEAN baik berupa barang maupun jasa yang dalam bahasa Inggrisnya disebut ASEAN Economic Community (AEC).

Pada upacara hari Senin, tanggal 31 Oktober 2016 yang bertempat di Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, Staf Ahli Bupati Drs. Katanggar dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa untuk menghadapi MEA ini ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas perlu diberikan pendidikan atau pelatihan bahasa Inggris sehingga mampu berkomunikasi dengan baik jika bertemu dengan warga negara asing. Dalam kesempatan tersebut secara khusus beliau meminta kepada Kepala Bagian Keuangan agar dapat menganggarkan program tersebut “Kepada Kepala Bagian Keuangan Pak Syahfiri, jangan sampai lupa untuk menganggarkan program pelatihan bahasa Inggris namun jangan di anggaran perubahan. Kalau bisa di anggaran murni Tahun 2017 karena kegiatan ini tidak bisa 2-3 bulan namun 1 Tahun” pungkasnya.

MEA atau umumnya disebut pasar bebas ASEAN bukan hanya tentang perdagangan bebas suatu barang antar Negara ASEAN namun juga berkenaan dengan Jasa, sehingga para pekerja dari negara ASEAN akan lebih mudah dan semakin banyak memasuki daerah-daerah di Indonesia. Jadi, selayaknya ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk dapat belajar bahasa Inggris sehingga mampu berkomunikasi atau memberikan informasi kepada warga negara asing yang ditemui baik itu tentang Profil Kabupaten Kapuas, produk unggulan dan potensi wisata atau alam yang berada di Kabupaten Kapuas.

Nampaknya program pendidikan atau pelatihan yang direncanakan pada Tahun 2017 tersebut mendapat perhatian ari para peserta Upacara. ASN yang mengikuti upacara secara antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati tersebut. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya peserta upacara yang bertepuk tangan ketika Staf Ahli Bupati menyampaikan program pelatihan atau pendidikan bahasa Inggris tersebut.

© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com