Salah satu kerajinan tangan  yang dimiliki oleh kabupaten Kapuas dan menjadi ikon Provinsi Kalimantan Tengah adalah kerajinan Getah Nyatu. 

Kerajinan tangan getah nyatu yang ada di Kabupaten Kapuas mempunyai nilai seni dan nilai jual yang tinggi. Disampig proses pembuatan yang cukup rumit, keindahan dan eksotika dari kerajinan getah nyatu ini memang layak untuk dijadikan sebagai suatu karya seni yang diunggulkan. Kerajinan tangan getah nyatu ini terdapat di Kuala Kapuas dan di produksi di Kelurahan Dahirang, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Kerajinan tangan sauvenir khas kabupaten kapuas1

Kerajinan getah nyatu ini merupakan kerajinan tangan dari hasil pemanfaatan getah dari pohon nyatu sebagai bahan utama. Hasil olahan dari getah nyatu ini bisa berbentuk perahu layar, perahu burung tingah, prajurit dayak dengan berbagai perlengkapannya, sumpit, tombak, mandau dan lainnya.

Kerajinan getah nyatu ini sangat cocok menjadi oleh-oleh atau sauvenir bagi masyarakat yang ingin membelikan oleh-oleh bagi teman atau keluarganya ketika berkunjung ke Kabupaten Kapuas.

Kerajinan getah nyatu ini juga cocok untuk dijadikan hiasan dan dekorasi ruangan  di dalam rumah dengan harga yang relatif terjangkau tergantung bentuk dan ukurannya.

Di kutip dari www.indonesiakaya.com proses pengolahan pohon nyatu sampai menjadi kerajinan tangan jadi dan bernilai ekonomis melalui beberapa proses pengelolahan yang cukup rumit. Awalnya, batang pohon yang sudah dipanen dipisahkan dari kulitnya. Batang kemudian direbus. Untuk mendapatkan getah yang baik, proses perebusan batang pohon nyatu dilakukan sebanyak tiga kali.

Perebusan pertama dilakukan dengan mencampurkan sedikit minyak tanah. Hal ini dilakukan untuk memisahkan batang pohon dengan getahnya. Perebusan kedua cukup menggunakan air. Perebusan kedua ini untuk memisahkan getah nyatu dengan minyak tanah. Setelah getah pohon nyatu terkumpul, dilakukan perebusan terakhir untuk menambahkan warna pada getah tersebut. Proses pewarnaan getah nyatu menggunakan bahan-bahan yang alami, seperti berbagai daun yang memiliki kekhasan warna tertentu.

Setelah diberi warna, getah masuk ke proses selanjutnya: pembentukan. Proses pembentukan dilakukan ketika getah nyatu masih dalam keadaan panas. Getah pada suhu normal akan menjadi kering dan tidak bisa dibentuk sesuai keinginan.

Yang membuat kerajinan getah nyatu menarik tidak hanya warna-warna yang terang. Kerajinan getah nyatu pun memiliki tingkat kedetailan yang tinggi. Selain itu, bentuknya pun unik sehingga sangat cocok untuk dijadikan pajangan atau pelengkap dekorasi ruang

© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com