Kabupaten Kapuas adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan luas wilayah kurang lebih 14.999 km2, kabupaten kapuas memliki potensi alam yang dapat dikembangkan salah satunya adalah potensi wisata alam.

Beberapa potensi wisata alam yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata antara lain :

  1. Pulau telo, yaitu 3 pulau kecil yang berada di tengah sungai kapuas. Pemandangan di kawasan pulau telo sangatlah menarik dan eksotis karena tempatnya masih alami, namun sayangnya sampai saat ini hanya digunakan sebagai lahan bercocok tanam oleh penduduk sekitar.
    ptelo

  2. Air terjun masupa, air terjun yang berapa di Desa masupa ria kecamatan mandau Talawang, dengan keindahan alam serta rindangnya pepohonan di sekitar air terjun menambah sejuk dan indahnya pesona air terjun masupa.
    potensi7

    potensi8
  3. Teluk batu, masih terletak di desa masupa ria Kecamatan Mandau Talawang. Kawasan berbatu-batu yang terletak di desa masupa ria dengan air yang jernih di sekitarnya, ditambah lagi dengan pepohonan yang menjuntai di sisi kiri dan kanan teluk membuat kita nyaman dan betah berlama-lama berada di sana.
    potensi2

  4. Air terjun bunut, yaitu terletak di desa tumbang tukun kecamatan Pasak Telawang.
    terjunbunut
  5. Air terjun masupa bahandang di desa Masuparia.
    bahandang
  6. Air Terjun Gunung puti yang teletak di Desa Masuparia, Kecamatan Mandau Talawang.
  7. Wisata Primata, yaitu terdapatnya ratusan monyet jinak di pulau lampahen, desa keladan kecamatan Mantangai.

Diharapkan dengan adanya potensi alam yang berada di Kabupaten Kapuas, menjadi perhatian pihak-pihak terkait untuk melakukan studi kelayakan agar dapat ditindaklanjuti apakah dapat dikembangkan sebagai objek wisata di Kabupaten Kapuas. Tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi potensi-potensi wisata alam yang berapa di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah sehingga kabupaten kapuas dapat menjadi salah satu tempat tujuan wisata.

Untuk lebih jelasnya, mengenai potensi wisata alam yang ada dapat melihat video yang di buat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas :


© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com