Pada tutorial kali ini dijelaskan bagaimana cara untuk menginstal dan menggani template joomla. Pada saat menuliskan artikel ini penulis menggunakan joomla 3.5.1 yang penulis kira kurang lebih sama dengan joomla versi 3.x lainnya.

Menginstal atau mengganti template baru memang tidak menjadi suatu keharusan namun biasanya para pemilik website akan mencari tampilan website yang sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu penulis menjelaskan langkah-langkah dalam menginstal dan mengganti template joomla sebagai berikut :

  1. Ketika sudah masuk dalam menu administrator atau control panel joomla, klik tab Ekstentions - manage - instal sebagaimana gambar berikut :
    cara instal mengganti template joomla
  2. Pada extention package file, pili browse dan cari template joomla yang anda ingin instal. Kemudian klik upload dan instal jika sudah.
  3. Kini anda telah selesai melakukan instalasi template baru anda. Selanjutnya adalah tinggal anda mengganti template yang baru saja anda instal.
  4. Klik extentions kemudian pilih templates.
  5. Setelah masuk ke beberapa pilihan template, anda set default dengan cara klik tanda bintang yang ada untuk template yang anda inginkan dan selanjutnya klik nama template yang anda inginkan sebagaimana gambar berikut :
  6. Setelah anda klik template yang anda inginkan tinggal mengatur template anda yaitu pilih tab menu assignment dan kemudian disarankan untuk klik / centang Toggle All selection agar semua menu tercentang. Ini digunakan agar tampilan template tampil pada semua menu di joomla anda.

Selesai anda telah berhasil menginstal dan menganti template joomla anda. Selamat mencoba !

© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com