logoKali ini penulis akan menjelaskan bagaimana caranya membuat website dengan mudah dan cepat yaitu dengan cara menginstal joomla pada localhost.

Untuk itu anda terlebih haruslah menginstal Xampp telebih dahulu, lihat di sini. Setelah itu download joomla versi terbaru di https://www.joomla.org/ Setelah itu kita mulai langkah-langkah instal joomla sebagai berikut :

  1. Buatlah folder baru semisal dengan nama website anda, di sini saya menggunakan nama hasupa. buat di : C:\xampp\htdocs\ , masuk ke folder htdocs kemudian buat folder hasupa, kemudian copy paste file joomla tadi di dalam folder yang baru saja di buat dan exstract yaitu di : C:\xampp\htdocs\hasupa.
  2. Atifkankan  XAMPP sebagaimana gambar ini yaitu klik star pada apache dan mySQL :
    xampp02
  3. Setelah itu ketik di url : http://localhost/hasupa/  , setelah itu akan muncul seperti gambar berikut, silahkan isi mulai dari nama situs, deskripsi dan email. Kemudian isikan admin usename dan password yang akan digunakan untuk login joomla pada administrator. setelah itu klik next jika sudah.

    membuat website dengan mudah
  4. Jika sudah, akan muncul seperti gambar berikut. hostname biarkan localhost,username biarkan : root , password kosongkan saja dan database bisa seperti nama forder web yang anda buat. Jika sudah klik next

    2
  5. Berikutnya tinggal anda pilih contoh website, bisa blog dan lainnya namun penulis sarankan agar memilih default englisf (GB) sampel data, jika anda adalah pemula. Berikutnya klik instal dan tunggu proses instalasi, kemudian akan muncul :
    4
  6. Setelah itu klik terlebih dahulu remove installation folder.
  7. Berikutnya yang terakhir anda bisa pilih administrator untuk menuju ke pengaturan website anda, atau bisa pilih site untuk melihat tampilan pertama website yang telah anda buat.
    5
© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com