Syaharie Jaang, selain menjadi Walikota Samarinda periode 2016-2021, beliau juga terpilih secara aklamasi menjadi ketua Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) periode 2015-2020.

H. Syaharie Jaang, SH, M.Si (lahir di Long Pahangai, 10 September 1964) adalah wali kota Samarinda ke-10 untuk masa jabatan 2016-2021. Sebelumnya, ia menjabat walikota periode 2010-2015 dan juga pernah menjabat sebagai wakil wali kota Samarinda periode 1 (2000-2005) dan periode 2 (2005-2010) yang berpasangan dengan wali kota Achmad Amins. Kemudian pada 23 November 2010 ia dilantik sebagai wali kota Samarinda bersama wakil wali kota Samarinda Nusyirwan Ismail setelah memenangkan Pilkada Kota Samarinda yang digelar pada 12 Oktober 2010.

Jaang1Syaharie Jaang merupakan anak ke-6 dari 9 bersaudara dari pasangan H. Muhammad Djaang bin Arsyad Bahuang, dari suku Dayak Bakumpai asal Mangkahui, Kalimantan Tengah dan Hj. Hamsiah Hipui Hong Pidang dari suku Dayak Bahau Busang asal Datah Naha, Mahakam Ulu Kalimantan Timur.

Di lansir oleh situs samarindakota.go.id :

“Sejujurnya, apa yang disampaikan 10 DPC (PDKT) kabupaten/kota se Kaltim, merupakan amanah luar biasa dan tidak gampang. Siapapun yang menjadi ketua mempunyai kewajiban mendukung visi misi dari organisasi ini. PDKT adalah organisasi kekeluargaan, kemasyarakatan dan sosial. Saya ada di dalam atau di luar kepengurusan, tetap komitmen mendukung PDKT,” ucap Syaharie Jaang dalam pidatonya seusai terpilih aklamasi dalam Musyawarah Besar (Mubes) V PDKT di Hotel Kartika, Samarinda, Jumat (6/3).

Jaang yang pernah menjadi ketua umum DPC PDKT kota Samarinda sewaktu menjabat wakil wali kota Samarinda, mengaku tidak bisa menolak permintaan para tokoh masyarakat Dayak untuk menjadi ketua umum.

“Tadi malam (Kamis, red) saat jamuan makan malam di rumah jabatan, kami diminta untuk menjadi ketua umum. Bahkan tim lobinya juga ikut melobi istri saya. Hari ini (Jumat, red) dalam Mubes V, kami mendapat amanah untuk memimpin di periode 2015-2020,” ungkap Jaang.

Jaang merasa bersyukur, seperti dalam pemandangan umum sekaligus pengusulan dirinya, dari DPC juga memahami kesibukannya, sehingga juga akan turut maksimal menjalankan roda organisasi bersama.  “Walaupun kita semua sibuk, tapi kita harus komit untuk kerja. Ini adalah kerja kita bersama dan saya tidak bisa kerja sendiri. Ini adalah amanah besar,” janjinya seraya menyebutkan akan melakukan roadshow ke DPC-DPC PDKT kabupaten/kota.

Tak lupa Jaang menyampaikan terima kasih kepada warga Dayak yang telah memberikan dukungannya kepada Marthin Billa sehingga mendapat amanah menjadi anggota DPD RI.

Sebelumnya Penasehat PDKT Laden Mering menyetujui usulan 10 DPC untuk mengamanahkan PDKT kepada Syaharie Jaang, sehingga akhirnya aklamasi terpilih.

“Tidak diragukan lagi kepeduliannya dan tidak melupakan pula orang-orang Dayak. Beliau orang jujur dan punya komitmen dalam membangun. Juga selalu berupaya adil dan tidak pernah memandang dalam bersilaturahmi,” ucap Laden sesepuh warga Dayak Kaltim ini.

Selain sebagai Walikota Samarinda dan Ketua Persekutuan Adat Dayak Kalimantan Timur, Syaharie Jaang juga termasuk di dalam buku 101 Tokoh Dayak karya R Masri Sareb Putra.

 

Sumber :
1.  https://id.wikipedia.org/wiki/Syaharie_Jaang
2. http://www.samarindakota.go.id/content/jaang-aklamasi-pimpin-pdkt


© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com