Mahelat Lebo, Tarian Khas Suku Dayak Bakumpai. Tarian khas suku dayak bakumpai ini sungguh amat mempesona dan penuh dengan semangat.

Dengan memakai baju khas dayak dan dilengkapi dengan tameng, mandau serta obor menambah keindahan dan pesona dari tarian ini.Hal ini tergambar dari persembahan tari 'mahelat lebo', disambut sangat meriah pengunjung pameran obyek wisata dan pangan nusantara 2014 di jogja expo center (jec) yang berlangsung sabtu-senin 9-12 Mei 2014.

mahelatlebo2Gerakan atraktif  tarian menggunakan sebilah mandau serta memainkan api obor yang menyembur tinggi ke atas menambah pesona dari tarian ini.

Dikutip dari http://krjogja.com Tari 'Mahelat Lebo' adalah hasil produksi sanggar Permata Ije Jela Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

{youtube}{youtube}

Sanggar Permata Ije Jela merupakan binaan Ketua TP PKK Barito Kuala, pimpinan Kasmudin MPd. Penampilan apik mereka tak lepas dari kerja keras tim, antaralain penata tari Tajudin Noor SPd, penata musik Taufiq SPd dan M Apriawan. Serta penata rias dan busana Permata Ije Jela Fashion and Designer Barito Kuala. Menurut Tajudin Noor, tarian menggambarkan kesiapsiagaan suku Dayak Bakumpai dalam mempertahankan 'lebo' atau kampung halaman dari berbagai gangguan dan ancaman. Semangat berkobar bagai api menyala-nyala, mereka berjuang melindungi bumi Ije Jela. Penuh cinta kasih terhadap tanah air untuk mencapai kemakmuran bersama.

mahelatlebo1

 

 

© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com