Selamat, akhirnya Sadiq Khan yang menjadi kandidat dari partai buruh berhasil terpilih sebagai Walikota muslim pertama dalam sejarah London.

shadig khanSebagaimana menurut The Guardian, Khan memenangi pemilihan dengan perolehan 44 persen suara, sedangkan Goldsmith 35 persen. Total penghitungan sudah mencapai 80 persen saat berita ini diturunkan.

Sadiq Khan merupakan anak dari seorang Supir bus yang merupakan imigran dari Pakistan. Sadiq Khan sendiri tumbuh besar di kota London yang membawa karirnya sebagai pengacara handal yang membela Hak Asasi Manusia (HAM). Di lansir oleh okezone.com, setelah menempuh pendidikan dasar dan menengah di sekolah negeri di Tooting, Khan menempuh pendidikan di Fakultas Hukum sebuah universitas di London. Setelah lulus, ia bekerja sebagai pengacara untuk membela hak asasi manusia (HAM) selama satu dekade. Pada usia 23 tahun, Khan menjadi anggota dewan termuda yang terpilih sebagai otoritas lokal di Tooting. Ia juga menjadi ketua Liberty, sebuah organisasi HAM di Inggris dan Wales, selama tiga tahun. Khan kemudian terpilih sebagai anggota Parlemen Inggris pada 2005. Khan menjabat sebagai Menteri Transportasi pada 2009–2010.

Dalam pidato kemenangannya, Khan mengaku tidak pernah membayangkan bahwa orang sepertinya bisa terpilih sebagai walikota London. "Saya berjanji untuk menjadi walikota bagi semua warga London," katanya, dikutip dari BBC.

Dengan terpilihnya Sadiq Khan menjadi Walikota London, semoga menjadi pemimpin yang dil baik bagi semua warga London dan memberi manfaat besar khususnya bagi warga muslim di London.

© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com