Dengan adanya anggaran besar yang dikelola oleh desa maka desa yang dikepalai oleh seorang kepala desa dapat menggunakan anggaran yang ada untuk melaksanakan pembangunan yang ada di Desa

yang di antaranya bertujuan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup.

Dengan anggaran yang berkisar antara 500.000.000 sampai dengan 1.400.000.000 per Desa, pengelolaan keuangan harus lah dikelola dengan pengelolaan yang baik dan berdasarkan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, jika tidak para Kepala Desa rawan berurusan dengan aparat penegak hukum.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Prof Dr Syafruddin Kalo yang di kutip dari http://www.koran-sindo.com , mengatakan bahwa “Para kepala desa harus mengikuti manajemen pengelolaan dana desa sehingga tidak terjadi penyimpangan dan akhirnya berurusan dengan aparat penegak hukum,”.

Dengan anggaran besar dan tentunya juga potensi penyimpangan yang cukup besar, maka para Kepala Desa harus dibekali dengan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan yang baik serta peraturan-peraturan yang mengatur penggunaan dana desa tersebut.

Peraturan yang dapat menjadi salah satu acuan dalam penggunaan dana Desa yaitu Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang Penggunaan Dana Desa yaitu dapat di unduh pada link berikut.

© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com