Bagi yang ingin lulus ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa ada beberapa hal yang harus diketahui sebelumnya yaitu nilai ambang batas kelulusan ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa adalah 167. Soal ujian pengadaan barang dan jasa sendiri berjumlah 90 soal dengan waktu ujian 120 menit yang terdiri dari 25 soal pilihan benar atau salah, 55 soal pilihan ganda dan 10 soal studi kasus.

Selain itu masing-masing kategori soal mempunyai bobot nilai yang berbeda yaitu jika menjawab benar soal benar salah nilainya 2, bobot nilai pilihan ganda bernilai 3 dan bobot nilai studi kasus bernilai 4.

Sebelum mengikuti ujian pengadaan barang dan jasa ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan atau diperhatikan :

  1. Perbanyak latihan menjawab soal-soal pengadaan.
  2. Perbanyak membaca rangkuman perpres 70 tahun 2012 beserta perubahannya.
  3. Mendengarkan secara seksama apa yang disampaikan narasumber sewaktu pelatihan pengadaan barang / jasa.

Berikut ini adalah tips dan trik lulus ujian pengadaan barang / jasa pemerintah berdasarkan pengalaman penulis ketika ujian pengadaan barang / jasa berbasis komputer di labkom LKPP Jakarta yaitu :

  1. Sebaiknya jawab soal yang bernilai besar terlebih dahulu yaitu soal studi kasus yang bernilai 4 lalu yang bernilai 3 dan kemudian bernilai 2, namun dengan catatan jika soal tersebut dirasa sangat sulit lewati terlebih dahulu ke soal selanjutnya. Mengapa trik ini dilakukan karena jika anda bisa menjawab benar 10 soal ini maka anda sudah mendapat nilai 40. Selain itu, soal studi kasus ini membutuhkan pikiran dan logika yang lebih dari soal lainnya, sehingga ketika pikiran masih segar tentunya akan lebih tenang dan mudah dalam menjawab soal studi kasus ini. Jika anda menjawab soal benar salah dan pilihan ganda terlebih dahulu baru yang total soal berjumlah 80 soal tentunya beban dan pikiran anda sudah lumayan banyak dan konsentrasi dan ketenangan juga sudah agak menurun padahal 10 soal terakhir adalah studi kasus yang membutuhkan pikiran dan logika berpikir yang lebih.

  2. Berikutnya diasumsikan anda menjawab soal pilihan ganda yang berbobot nilai 3, jika jawaban anda benar semua maka nilainya 55 x 3 = 165 ditambah dengan nilai 40 yaitu 205, sudah lebih dari cukup bukan?. Asumsi lainnya, taruhlah anda salah sebanyak 10 soal dalam pilihan ganda, nilainya masih 175.

  3. Jangan terlalu melihat buku perpres pengadaan karena waktunya tidak akan cukup jika anda selalu mencari jawaban di buku ketika mengerjakan soal. Tipsnya adalah kerjakan semua soal yang anda mampu berdasarkan urutan kategori yang dijelaskan, ketika menemukan soal yang anda tidak dapat menjawabnya namun anda pikir jawabannya ada di buku berilah tanda pada soal itu terlebih dahulu. Nanti, jika waktu mencukupi setelah anda menyelesaikan soal lainnya baru lah anda membuka soal itu kembali untuk mencari jawabannya di buku.

Demikianlah tips dan trik agar lulus ujian sertifikasi pengadaan barang / jasa pemerintah. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dan pengetahuan dalam menghadapi ujian pengadaan barang / jasa pemerintah. Semoga lulus !.

© 2018 Terukur.com
Design by schefa.com